Tempat Untuk Saling Berbagi Ilmu Tempat Untuk Saling Berbagi Ilmu

Ciri Khusus Kelelawar, Cecak dan Bebek

Thursday, February 28th 2013. | Materi Pelajaran

Hewan-hewan yang ada di sekitar kita sangat beragam. Hewan-hewan itu pun hidup di lingkungan yang berbeda-beda. Pada umumnya, hewan memiliki ciri-ciri khusus, yang dapat membedakan dengan hewan lain. Berikut ini akan dijelaskan tentang beberapa hewan yang memiliki ciri khusus. Misalnya, kelelawar, cecak, dan bebek.

Ciri Khusus Kelelawar

Kelelawar merupakan mamalia yang dapat terbang. Kelelawar tinggal di gua atau di pohon-pohon yang tinggi. Di samping memakan buah-buahan, ada juga kelompok kelelawar yang memakan serangga dan mengisap madu. Untuk mendapatkan makanannya kelelawar telah dilengkapi dengan sepasang sayap.  Sayap kelelawar berbeda dengan unggas.

Kelelawar

Pada Gambar diatas, kamu dapat melihat bahwa sayap kelelawar memiliki kulit yang lentur. Kulit tersebut membentang di antara tulang-tulang jari dan lengannya. Jika kamu perhatikan lebih teliti lagi, kamu akan melihat ada bagian yang mirip cakar pada
sayapnya. Bagian yang mirip cakar itu sebenarnya ibu jari kelelawar. Ibu jari tersebut berfungsi untuk mendaki di bebatuan atau di pohon.

Pada siang hari, kelelawar tidur. Kelelawar memiliki cara tidur yang unik. Ketika tidur, kelelawar bergantung dengan badan terbalik, yaitu kepala berada di bawah. Sayapnya dilipat dan kakinya dikaitkan pada tempat bergantungnya sehingga kelelawar tidak jatuh. Tahukah kamu, mengapa kelelawar tidur menggantung?

Kelelawar terbang dan mencari makan pada malam hari. Pada saat terbang, kelelawar tidak sepenuhnya menggunakan indra penglihatannya. Lalu, dengan bantuan apa kelelawar dapat menentukan arah sehingga tidak menabrak saat terbang di kegelapan malam? Ternyata, kelelawar dilengkapi dengan kemampuan lain.

Pada saat terbang, kelelawar sesekali mengeluarkan bunyi. Ketika gelombang bunyi itu mengenai benda, seperti pohon atau serangga, gelombang bunyi akan memantul.

ciri khusus kelelawar

 

Pantulan gelombang bunyi itu akan ditangkap kembali oleh indra pendengarannya yang tajam. Dengan cara seperti itulah kelelawar dapat terbang pada malam hari tanpa menabrak benda-benda yang ada di sekitarnya. Kemampuan yang dimiliki kelelawar untuk mengetahui arah terbang, makanan, dan keadaan lingkungannya dengan meng-gunakan bunyi disebut ekolokasi.

Ciri Khusus Cecak

Cecak merupakan reptilia (hewan melata) yang hidup di pohon atau di rumah. Makanan cecak ialah serangga, seperti nyamuk. Nyamuk merupakan serangga yang dapat terbang, sedangkan cecak tidak dapat terbang. Bagaimana cecak dapat menangkap nyamuk? Ternyata, cecak telah memiliki ciri khusus, sehingga cecak dapat bertahan hidup di lingkungannya. Apakah ciri khusus yang dimiliki oleh cecak?

Mungkin kamu sering melihat cecak yang merayap di dinding. Cecak tersebut dapat merayap tanpa jatuh. Bahkan, cecak dapat merayap di langitlangit rumahmu tanpa jatuh. Seolah-olah badan dan kakinya menempel pada dinding atau langit-langit.

Ciri Khusus Cecak - cicak

Apa yang dapat kamu lihat dari gambar di atas? Benar, dari gambar tersebut kamu dapat melihat bahwa pada telapak kaki cecak ada bagian menonjol yang berbentuk garis. Bagian itu berfungsi sebagai alat pelekat sehingga cecak dapat merayap untuk mendekati serangga yang sedang hinggap di dinding atau di langit-langit.

Setelah cukup dekat dengan serangga yang akan dimangsanya, dengan cepat, cecak akan menangkap serangga dengan lidahnya. Jadi, lidah cecak pun merupakan ciri khusus yang dimiliki cecak. Cecak memiliki lidah yang panjang dan lengket. Oleh karena itu, dengan sekali menjulurkan lidahnya, serangga langsung menempel pada lidahnya dan dilahapnya. Dari uraian tersebut, kamu tentu sudah dapat memahami ciri khusus yang dimiliki oleh cecak sehingga cecak dapat bertahan hidup.

Ciri Khusus Bebek

Pernahkah kamu melihat bebek? Di manakah bebek hidup? Untuk mengetahuinya, ikutilah uraian berikut.

Ciri Khusus Bebek

Perhatikanlah bentuk kaki bebek pada Gambar diatas. Bebek merupakan jenis unggas yang hidup di air, terutama di perairan yang dangkal. Oleh karena itu, kaki bebek pendek dan pada sela-sela kakinya dilengkapi dengan selaput kulit yang dapat membantunya ketika berenang di air. Selain, itu dengan bentuk seperti ini, memudahkan bebek berjalan di atas permukaan tanah berlumpur.

Makanan bebek ialah cacing. Bagaimana bebek dapat menangkap cacing dari balik lumpur? Ternyata, bebek telah dilengkapi dengan bentuk paruh yang pipih dan lebar. Bentuk paruh seperti itu membantu bebek untuk mencari cacing yang ada di balik lumpur. Dari uraian tersebut, dapatkah kamu memahami ciri-ciri khusus bebek untuk dapat bertahan hidup di lingkungan hidupnya?

Cat : Materi Pelajaran,

Berikan komentar anda untuk Ciri Khusus Kelelawar, Cecak dan Bebek


six + = 12

Artikel Terbaru

Artikel Acak